Friday, February 3, 2017

Video Pada Lomba di Kesharlindung Dikmen

Postingan kali ini saya akan menyampaikan perihal video pada lomba - lomba yang diadakan Kesharlindung Dikmen.

Mungkin dalam pedoman belum dibahas mengenai video pada lomba yang diadakan Kesharlindung Dikmen. Maka akan saya jelaskan untuk apa video yang dikirimkan bersama file lomba.

Pada beberapa lomba yang diadakan Kesharlindung Dikmen, seperti lomba Pendidikan Karakter Bangsa, lomba Inovasi Pembelajaran, dan lomba Keahlian Guru Produktif ada kolom upload video. Apakah anda tau? seperti apa dan dimana anda akan menemukan kolom tersebut? lihatlah pada gambar berikut.


Pada gambar, telah saya beri tanda merah tombol yang harus anda klik untuk menemukan fitur upload file. Untuk masuk kedalam menu ini tentu saja anda sudah login dan telahlolos seleksi administrasi. Urutan pada tombol adalaha Kegiatan > Inobel>Berkas Lomba>Upload Proposal. Okay sampai disitu anda akan menemukan seperti gambar berikut:


Pada gambar ada dua warna sebagai tanda, warna biru digunakan untuk upload file, dan warna merah untuk video. Saya akan ulas sedikit mengenai tanda biru, untuk melakukan pengiriman karya anda wajib menuliskan judulnya, kemudian lampirkan karyanya. Jika kara anda akan diganti maka centang pada lingkaran biru dan upload file baru.

lanjutkan pada video. Buatlah video menarik tentang karya yang anda lombakan, yang kami maksud adalah video yang berkaitan dengan lomba, misalnya seperti pada contoh lomba INOBEL, Maka buatlah bagaimana anda melakukan Inovasi Pembelajaran, atau padalomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa, maka buatlah video bagaimana anda melakukan Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa, hal ini sama seperti video pembelajaran. Ini untuk mengenalkan ke publik tentang inovasi anda dalam dunia pendidikan agar dicontoh ataupun digunakan dalam dunia pendidikan (semoga bermanfaat).
Setelah upload berhasil, maka tunggu satu hari, dan setelah itu carilah di media berbagi video www.youtube.com dan cari dengan kata kunci judul karya yang anda lombakan, kemudian share link video tersebut. Harus diigat, video yang anda kirimkan ke Kesharlindung Dikmen jangan di upload di medai manapun termasuk youtube, yang akan melakukan upoad adalah panitia, sehingga panitia dapat mengetahui dan bisa melakukan penilaian.
Jika anda mengalami kesulitan dalam mengirimkan video karya anda pada sistem Kesharlindung Dikmen, kirim ke email admin dengan alamat admin@kesharlindungdikmen.id dengan subject nama kegiatan yang anda ikuti, dan pada pesan tulis nama anda, sekolah anda, propinsi sekolah anda, dan judul yang sesuai dengan judul karya anda, misalnya seperti pada gambar berikut:


Setelah kirim, tunggu satu hari dan setelah itu mulailah cari judul karya anda pada youtube.com

Lima (5) peserta dari masing-masing lomba yang video karyanya mendapatkan like dan view (tonton) terbanyak akan diundang pada ahir kegiatan, atau pada pengumuman pemenang lomba, tentunya transportasi, akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh panitia dan mendapatkan hadiah hiburan.

Jika peserta dengan video view dan like teranyak masuk dalam finalis lomba, maka tentunya kami akan mengganti dengan peserta lain yang tidak lolos pada final. Jika kurang memahami, silahkan hubungi admin

Nah, itu yang dapat saya sampaikan. Silahkan anda mencobanya. Semoga berhasil. Semoga kita berjumpa pada final lomba.😍

No comments :

Post a Comment