Tuesday, January 24, 2017

Cara melihat file yang telah di upload pada web Kesharlindung Dikmen

Banyak guru yang tidak menemukan fitur untuk melihat file yang telah di upload pada pendaftaran lomba atau kegiatan Kesharlindung Dikmen yang ada pada http://kesharlindungdikmen.id, lalu bagaimana cara melihatnya? berikut ini saya ingin mencoba membantu Bapak/Ibu guru yang tidak menemukan cara melihat file atau sukses tidaknya upload file.

  1. Gunakan Google Chrome untuk membuka web Kesharlindung Dikmen agar memudahkan anda.
  2. Hal pertama yang dilakukan setelah membuka browser tentu saja adalah login pada http://kesharlindungdikmen.id
  3. Setelah login anda pilih kegiatan seperti pada gambar:
  4. Pilih kegiatan yang anda ikuti. Pada tahapan ini ada proses Apply bagi yang belum mendaftar, jika sudah maka tidak ada proses Apply.
  5. pada gambar diatas terdapat tanda biru dan merah.
  6. tanda biru adalah kolom upload, upload file anda pada kolom tersebut, format file harus sesuai dengan ketentuan.
  7. setelah upload file, cobalah anda klik tombol panjang yang di beri tanda merah. maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
  8. pada gambar di atas saya mencontohkan dengan gambar logo yang digunakan web Kesharlindung Dikmen dengan type file PNG.
  9. Kemudian fileselanjutnya, yaitu surat ijin dari Kepsek:


  10. Pada gambar di atas yang dilingkari merah adalah tombol buka tutup untuk melihat file surat ijin yang di upload tapi pada contoh saya menggunakan surat edaran yang penting tipe file adalah PDF, yang dilingkari biru adalah suratnya.
  11. Begitu juga pada file lain, model lihat file seperti gambar diatas,
  12. pada contoh ini saya menggunakan browser Mozilla firefox, tapi saya menyarankan anda menggunakan Google Chrome, karna untuk Mozilla anda harus install pluggin embed PDF yang biasanya menggunakan Adobe Flash player, tapi jika anda menggunakan Google Chrome anda tidak perlu menginstallnya karna Google Chrome sudah mendukung fitur ini.
  13. Jika file belum terbaca maka lakukanlah upload ulang hingga terbaca. File yang tidak terbaca kemungkinan file korup atau ada bagian yang kurang dalam upload.
  14. Jika anda sudah file anda sudah terbuka seperti gambar diatas berarti anda sudah sukses upload dan tidak perlu menanyakan kepada admin, untuk mengganti file dan melihat sebagainya anda bisa melakukanya sendiri.
Demikian postingan kali ini. Trimakasih dan selamat mencoba http://kesharlindungdikmen.id